Menyulap Kesalahan


Banyak dari kita yang terpuruk setelah melakukan kesalahan. Kita jadi makhluk yang paling bdosa karena dah berbuat kekeliruan dan yg ekstrim lagi karena kesalahan yang sepele bisa mengubah hidup kita jadi amburadul itu merupakan tindakan konyol.

Kita sering mengkonotasikan Kesalahan adalah selalu negatif. padahal menurut salah satu sumber yg pernah aku baca ternyata kesalahan yg kita perbuat bisa disulap menjadi hal yang positif dan menjadi kunci sukses kita. Coba kita tengok para ilmuwan jenius ketika mereka menemukan suatu hal, mereka selalu belajar dari kesalahan. Menurut Thomas Alfa Edison (kl ga salah hehehe...)dalam 100% keberhasilan itu terdapat 99% kesalahan. Nah dari situ berarti sebagai makhluk yang paling sempurna dan punya akal pikiran, kita ga perlu takut melakukan kesalahan karena kesalahan itu guru terbaik untuk keberhasilan kita. Hanya saja jangan sampai mengulangi kesalahan yg sama utk permasalahan yg sama karena itu berarti 'keledai'.

Dan cara menyulap kesalahan menjadi kunci sukses pada diri kita adalah dengan:
  • Berani mengakui kesalahan kita. Ga jarang dari kita yang berani mengakui kesalahan yang sudah kita perbuat. Kita menjadi seorang pengecut ketika di judge bsalah padahal kalo kita berani mengakui kesalahan yang kita lakukan maka akan membantu kita untuk menjadi orang yang berjiwa besar dan dengan belajar dari kesalahan itu kita bergerak maju untuk memperbaikinya.
  • Segera beri maaf untuk kesalahan. Dengan segera memaafkan kesalahan yang kita perbuat maka kita akan berusaha untuk tiak mengulangi kesalahan yang sama dan terus maju. jangan terus terpuruk dg kesalahan yang sudah terjadi, memaafkan ornag lain juga termasuk memaafkan diri sendiri. Semangat dan ingat tidak ada manusia yang sempurna.
  • Refleksi diri. Ni hal penting untuk menjadi seorang berjiwa besar. dengan merefleksi apa yg menyebabkan kita melakukan kesalahan itu maka kita ga akan mengkaminghitamkan orang lain. karena sumber kesalahan sebenernya bukan hanya dari pihak lain tp kadang itu muncul dari diri kita sendiri.
  • Cobalah untuk berucap Terimakasih untuk kesalahan yang kita lakukan karena dari kesalahan itu kita jadi tau mana yang salah dan mana yang benar dan kita jadi tau harus bagaimana menyikapinya. Jangan terlalu lama larut dalam penyelasan karena kesalahan kita. Semangat dan bangkit menyempurnakan kesalahan menjadi keberhasilan. OK?!!

1 coment:

isdiyanto mengatakan...

tapi aku yakin,
aku nulis coment ini bukan sebuah kesalahan...

Posting Komentar