Foto efek 3D






Ada yang mau tau cara ngedit foto biar terkesan 3D?? Silakan simak tutorial yang saya dapat dari
Ilmuphotoshop.com



Pertama buka foto yang mau diedit. ( saya pake Jepretan saya waktu maen ke Bandung - Anak-anak bandung udah pada jago maen Skateboard hehehe.. keren )

foto1

Tekan Ctrl + J untuk menduplikat gambar. Klik di background lalu tekan CTRL+backspace untuk mengubah gambar menjadi putih. Oia lupa.. si Foreground color sama background color nya diubah DEFAULT ( background putih , foreground hitam) terlebih dulu dengan menekan tombol D.

foto2

Klik layer 1. Kecilin gambarnya dengan MOVE TOOl, Klik kotak di pojok lalu drag sambil tekan tombol SHIFT (supaya dimensi nya tetep sama). Untuk menampilkan kotak dipojok gambar ( transform control) contreng Show transform control (CS3 ke atas) atau Show bouncing box ( CS2 kebawah).

foto2-1

Bawa gambar ke tengah. Buat kotak dengan Rectangle Marquee tool . tekan CTRL C (untuk copy hasil seleksi ) dan tekan CTRL +V untuk paste. Maka terbentuk layer baru dengan gambar baru hasil seleksi tadi.

foto3

CTRL+klik layer 2 untuk membuat seleksi. Buat layer baru dan simpan di bawah layer 2. Warnai dengan warna putih menggunakan paint bucket tool.

foto3-1

Pilih layer 2 lagi. Klik Select > Modify > Contract.

foto4

lalu klik Select > inverse untuk menyeleksi kebalikan nya.

foto5

Lalu tekan Delete. hasilnya gini

foto6

Sekarang matikan layer 2 dan layer 3 ( dengan mengklik gambar Mata di layer palette). sehingga yang tampil sekarang hanya layer 1.foto7

Seleksi objek gambar diluar layer 2 tadi.

foto8

Klik Select > modify > feather (CS3 ke atas) atau Select > feather ( CS2 kebawah). Supaya hasil crop nya bagus dan tidak kaku.

foto9

Tekan CTRL + C (copy) terus tekan CTRL+ V (paste) sehingga muncul layer baru (layer 4) secara otomatis. Simpan layer 4 di paling atas.

foto10

Munculin lagi layer 2 dan layer 3 , dan Lenyapkan layer 1 !! hehehe. ( ada gambar mata = muncul , tidak ada gambar mata = lenyap)

foto11

Klik layer 2. lalu tekan CTRL+E , supaya Layer 2 Ber Koalisi dengan layer di bawahnya dalam hal ini layer 3. Mumpung rame-rame nya pemilu nih.hehehe,. terbentuk layer 3.

foto12

sekarang Putar kanvas nya. Klik Image > Rotate canvas > 90 CW ( CW=searah jarum Jam)

foto13

Pilih layer 3 . Klik Filter > Distort > Shear . Lengkungkan sedikit.

foto14

Sekarang pilih layer 5 . sama Klik Filter > Distort> Shear. Lengkungan musti sama persis ( biasanya udah otomatis sama dengan yang sebelumnya)

foto15

Sekarang Putar lagi canvas nya. Klik Image > Rotate canvas > 90 CCW ( CCW= berlawanan arah jarum jam).

Buat layer baru , bikin Kotak sesuai gambar lalu warnai dengan warna hitam ( ini buat bikin bayangan nya). Layer baru ini disimpan dibawah gambar.

foto16

Klik Filter>Blur> Gaussian Blur

foto17

geser dikit-dikit supaya bayangan keliatan realistis dengan menggunakan panak di Keyboard.

hasilnya :

foto18

Yang lain

Selamat Mencoba!

6 coment:

hanum mengatakan...

wah.. bagus juga nih tutorialnya. Makasih banyak ya info sharingnya ^_^

Anonim mengatakan...

nano-nano moga aja makin rame rasanya, makasih tutorialnya, bila kamu semarang kenal nggak sama Tubagus Svarajati ?? aku temanya di Wonosobo

wijaya mengatakan...

wah tutorialnya keren banget nih
thanks dah d publish

dina lestari mengatakan...


terimakasih atas informasinya..

ST3 Telkom

Sri Murtini mengatakan...

artikelnya menarik, terimakasih atas informasinya semoga bermanfaat untuk para pembaca, thanks for sharing , nice post

ST3 Telkom

Dedeh Riska Handayani mengatakan...

thanks for share,,semoga bermanfaat
nice post

ST3TELKOM

Posting Komentar