Memaknai Hidup dengan....

Terkadang banyak dari kita yang ga menyadari arti dari hidup. Allah t'lah berikan kesempatan, waktu dan kelebihan pada diri masing-masing tp sedikit dari kita yang menyadarinya dan dapat memanfaatkan waktu dan kelebihan yang kita punya semaksimal mungkin.Banyak dari kita terlena dengan nikmat yang tercurah tanpa henti. Kita kerap tidak menyadari asal mula nikmat itu dari mana. Kita terlalu asik dengan keindahan duniawi yang membuat kita makin jauh dari Sang Kholic.
Ini semua karena ketidaktahuan kita akan arti hidup dan bagaimana memaknai hidup kita agar lebih bermakna. Kita ga menyadari kalo waktu terus bergulir dan ga akan kembali lagi. Apa yang terlewat kemarin ga akan pernah kita temui lagi hari ini bahkan esok hari. Trus bagaimana cara kita buat hidup kita lebih hidup???Cara yang pertama adalah kita harus mengetahui dan memahami tujuan hidup kita. untuk apa kita hidup?Apa yang kita lakukan selama hidup?Apakah yg kita lakukan itu hanya mengharap ridho dr Allah atau hanya mengejar duniawi semata?Sudah optimalkah waktu dan potensi yang kita kembangkan?

Kedua, buat perencanaan dan target. Misalnya kita ingin menjadi hamba yang dicintai Allah SWT. Maka buat perencanaan amal yang nyata. Baik amal ibadah mahdhah maupun hair mahdhah. Untuk ringannya, mulai dari aktivitas yang kita kerjakan sehari-hari dulu. Banyak pekerjaan yang ada di hadapan kita dan akan menumpuk pada suatu waktu kalau tidak ada perencanaan yang jelas. Walaupun target tinggi, tetap saja keberhasilan tidak akan tercapai. Untuk itu, matangkan setiap rencana jangan sampai gagal. Sebagaimana kata pepatah "Gagal dalam perencanaan berarti merencanakan kegagalan".

Ketiga, tampil istiqamah atau konsisten. Kita menjadi lemah salah satu sebabnya karena kita mudah sekali terpengaruh dan tidak memiliki keteguhan dalam berprinsip. Penting untuk tampil istiqamah ketika kita dihadapkan pada hambatan dan rintangan hidup.

1 coment:

starboard mengatakan...

Pertamax :D

Posting Komentar