Awas Dehidrasi


Dari artikel yang saia baca di detik.com dehidrasi sangat berbahaya untuk kesehatan kita. Karen dehidrasi dapat menyebabkan terhambatnya proses produksi dalam tubuh. hal ini terkadang tidak kita sadari padahal dari dehidrasi itu bisa menyebabkan penyakit yg cukup serius.

Oleh karena itu coba kenali gejala-gejala dehidrasi agar kita bisa cepat mengatasinya dan jangan lupa untuk mengkonsumsi air minum minimal 2liter sehari.

1. Kurangnya cairan dalam tubuh dapat dikenali dengan berbagai gejala yang terjadi. Misalnya tubuh merasakan haus yang tak dapat ditahan, jarang sekali buang air kecil. Cepat merasa pusing apabila sedang berada di tempat gelap atau remang-remang, pusing yang luar biasa ketika sedang berdiri agak lama, kepala seperti berkunang ketika berdiri secara tiba-tiba, dan mulut yang sangat kering meskipun banyak memproduksi air liur juga menjadi cirinya.

2. Periksalah lendir yang terdapat di dalam mulut Anda dengan cara membuka mulut Anda selebar mungkin. Bercerminlah. Idealnya lendir pada membran terlihat basah, mengkilat dan tanpa warna. Apabila lendir terlihat kering dan berwarna buram maka waspadalah akan gejala dehidrasi.

3. Cobalah cubit kulit tangan Anda, apabila permukaan kulit kembali seperti semula berarti kulit Anda masih memiliki elastisitas yang cukup. Namun berhati-hatilah jika kulit Anda tidak kembali dalam keadaan semula. Karena seseorang yang menderita dehidrasi pasti akan kekurangan elastisitas pada kulit tubuhnya.

4. Dilihat dari psikologis, orang yang menderita dehidrasi umumnya terlihat mudah marah ( emosi tidak stabil), gampang merasa lelah (semula sangat aktif), wajah terlihat pucat dan mulut yang selalu terasa kering dan lengket.

1 coment:

mrpall mengatakan...

emang betul ko non dehidrasi dpt membahayakan..heheheh....salam knal yah..klo ada sempet mampir ya...

Posting Komentar